PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Tahun Akademik 2013/2014
Mata Kuliah : Difusi
dan Inovasi dalam Pendidikan
Nama : Rahmita Solihat
NIM :
06032681318042
Semester/Kelas : 2/
Reguler Pagi
Dosen Pengampu : Dr. Azizah
Husin, M.Pd.
Dr. Edi
Harapan, M.Pd.
Pengaplikasian
Klasifikasi Konsekuensi Inovasi pada Sumber Belajar
Konsekuensi-konsekuensi
pengadopsian sumber belajar dalam hal ini adalah penggunaan buku teks suatu
sekolah merupakan ilustrasi yang
nyata dalam kebutuhan untuk mempertimbangkan
konsekuensi-konsekuensi yang diinginkan, langsung, terduga dan tak terduga/sulit
diantisipasi dari inovasi. Di sekolah-sekolah penggunaan buku teks sangat
diinginkan oleh warga yang ada di dalam sekolah terutama guru dan siswa. Buku
teks tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Sebagai media dan sumber
pembelajaran, buku teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan
nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan.
Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan
kurikulum yang berlaku. Secara umum manfaat buku yaitu, untuk:
a) meningkatkan
perhatian dan motivasi belajar,
b) memberikan variasi
dalam belajar,
c) memberikan struktur
yang memudahkan belajar,
d) menyajikan inti
informasi belajar,
e) memberikan
contoh-contoh yang lebih kongkret,
f) merangsang berpikir
analisis,
g) memberikan situasi
belajar yang tanpa tekanan
selain itu, adapun fuungsi dan peranan
buku teks itu adalah:
(a)
mencerminkan suatu sudut pandang yang
tangguh dan modern mengenai penagjaran serta mendemonstrasikan aplikasinya
dalam bahan pengajaran yang disajikan,
(b)
menyajikan suatu sumber pokok masalah
yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan
para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana
keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di bawah kondisi-kondisi yang
menyerupai kehidupan yang sebenarnya,
(c)
menyediakan suatu sumber yang tersusun
rapi dan bertahap mengenai keterampila-keterampilan ekspresional yang mengemban
masalah pokok dalam komunikasi,
(d)
metode da sarana penyajian bahan dalam
buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya harus menarik,
menantang, merangsang, bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk
mempelajari buku teks tersebut,
(e)
menyajikan fiksasi (perasaan yang
mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan
tugas-tugas praktis,
(f)
di samping sebagai sumber bahan buku
teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial
yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan 1986)
Manfaat dan fungsi buku
teks dapat langsung dirasakan dan
diinginkan adanya buku teks bagi guru adalah sebagai pedoman untuk
mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa,
mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan metode
pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya sebagai
alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya 1997:85).
Manfaat dan fungsi buku teks dapat
langsung dirasakan dan diinginkan adanya buku teks bagi siswa adalah sebagi
sarana kepastian tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui
seberapa banyak dan seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat
belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat
menemukan petunjuk, teori, maupun konsep dan bahan-bahan latihan atau evaluasi
(Krisanjaya, 1997:86).
Pengadaan buku teks di
sekolah-sekolah dimaksudkan supaya proses pembelajaran bisa berjalan lebih
lancar dan siswa bisa belajar lebih mandiri tidak hanya di sekolah tetapi juga
di rumah. Hal ini, seperti bagi pihak sekolah dan orang tua murid, merupakan
sesuatu yang disengaja dan diakui. Akan tetapi, keberadaan buku teks, dalam
banyak kasus di sekolah, membuat guru, murid, atau orang tua menjadi sangat
tergantung dalam penggunaannya sehingga cenderung mengabaikan sumber-sumber
pembelajaran lainnya. Konsekuensi lain yang sulit diantisipasi adalah bahwa
pengadaan buku teks sangat berpotensi menjadi bisnis tersendiri bagi pihak
sekolah bekerjasama dengan penerbit yang bisa jadi mengabaikan nilai-nilai etis
profesionalisme dan kualitas pendidikan sendiri.
Proses inovasi dalam
penggunaan sumber belajar sudah mengalami inovasi seperti penggunaan buku teks
pada beberapa tahun yang lalu berubah menjadi e-book, e-learning, dan akses melalui internet karena guru sudah
menjadi adopter dari inovasi.
1 komentar:
Casinos Near Casinos Near by (Lincoln, NE) - Mapyro
Find 김천 출장안마 Casinos Near by (Lincoln, NE) 군산 출장마사지 near you on 정읍 출장안마 Mapyro. Find your way around the casino, find 김천 출장마사지 where everything is located with map 화성 출장안마 directions,
Posting Komentar