RSS

Pengaplikasian Klasifikasi Konsekuensi Inovasi pada Sumber Belajar


PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Tahun Akademik 2013/2014

Mata Kuliah                : Difusi dan Inovasi dalam Pendidikan
Nama                           : Rahmita Solihat
NIM                            : 06032681318042
Semester/Kelas            : 2/ Reguler Pagi
Dosen Pengampu         : Dr. Azizah Husin, M.Pd.
  Dr. Edi Harapan, M.Pd.

Pengaplikasian Klasifikasi Konsekuensi Inovasi pada Sumber Belajar

Konsekuensi-konsekuensi pengadopsian sumber belajar dalam hal ini adalah penggunaan buku teks suatu sekolah merupakan ilustrasi yang
nyata dalam kebutuhan untuk mempertimbangkan konsekuensi-konsekuensi yang diinginkan, langsung, terduga dan tak terduga/sulit diantisipasi dari inovasi. Di sekolah-sekolah penggunaan buku teks sangat diinginkan oleh warga yang ada di dalam sekolah terutama guru dan siswa. Buku teks tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Sebagai media dan sumber pembelajaran, buku teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan. Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Secara umum manfaat buku yaitu, untuk:
a) meningkatkan perhatian dan motivasi belajar,
b) memberikan variasi dalam belajar,
c) memberikan struktur yang memudahkan belajar,
d) menyajikan inti informasi belajar,
e) memberikan contoh-contoh yang lebih kongkret,
f) merangsang berpikir analisis,
g) memberikan situasi belajar yang tanpa tekanan
selain itu, adapun fuungsi dan peranan buku teks itu adalah:
(a)    mencerminkan suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai penagjaran serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan,
(b)   menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan dimana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di bawah kondisi-kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya,
(c)    menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampila-keterampilan ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi,
(d)   metode da sarana penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya harus menarik, menantang, merangsang, bervariasi sehingga siswa benar-benar termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut,
(e)    menyajikan fiksasi (perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis,
(f)    di samping sebagai sumber bahan buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan 1986)
Manfaat dan fungsi buku teks  dapat langsung dirasakan dan diinginkan adanya buku teks bagi guru adalah sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya 1997:85). Manfaat dan fungsi buku teks  dapat langsung dirasakan dan diinginkan adanya buku teks bagi siswa adalah sebagi sarana kepastian tentang apa yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas buku teks berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori, maupun konsep dan bahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya, 1997:86).
Pengadaan buku teks di sekolah-sekolah dimaksudkan supaya proses pembelajaran bisa berjalan lebih lancar dan siswa bisa belajar lebih mandiri tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Hal ini, seperti bagi pihak sekolah dan orang tua murid, merupakan sesuatu yang disengaja dan diakui. Akan tetapi, keberadaan buku teks, dalam banyak kasus di sekolah, membuat guru, murid, atau orang tua menjadi sangat tergantung dalam penggunaannya sehingga cenderung mengabaikan sumber-sumber pembelajaran lainnya. Konsekuensi lain yang sulit diantisipasi adalah bahwa pengadaan buku teks sangat berpotensi menjadi bisnis tersendiri bagi pihak sekolah bekerjasama dengan penerbit yang bisa jadi mengabaikan nilai-nilai etis profesionalisme dan kualitas pendidikan sendiri.

Proses inovasi dalam penggunaan sumber belajar sudah mengalami inovasi seperti penggunaan buku teks pada beberapa tahun yang lalu berubah menjadi e-book, e-learning, dan akses melalui internet karena guru sudah menjadi adopter dari inovasi.

1 komentar:

naeemiacovone mengatakan...

Casinos Near Casinos Near by (Lincoln, NE) - Mapyro
Find 김천 출장안마 Casinos Near by (Lincoln, NE) 군산 출장마사지 near you on 정읍 출장안마 Mapyro. Find your way around the casino, find 김천 출장마사지 where everything is located with map 화성 출장안마 directions,

Posting Komentar