UJIAN AKHIR SEMESTER
RAHMITA SOLIHAT
Mata
Kuliah : Pendidikan Seni Musik
1.
Kontekskan empat
pandangan Poedjiadi (2001) tentang filsafat pendidikan kedalam pendidikan seni
musik?
·
Empat pandangan Poedjiadi
(2001) tentang filsafat pendidikan kedalam pendidikan seni musik
a. Memberikan inspirasi yaitu
menyatakan/mengemukakan tujuan pendidikan Negara bagi masyarakat. Apabila point pertama ini dikontekskan ke dalam pendidikan seni musik dapat memberikan inspirasi bagi setiap siswa sehingga setiap siswa dapat bermain musik secara baik. Karena tujuan pendidikan seni musik ini yaitu agar setiap siswa bisa bermain musik dengan lancar.
menyatakan/mengemukakan tujuan pendidikan Negara bagi masyarakat. Apabila point pertama ini dikontekskan ke dalam pendidikan seni musik dapat memberikan inspirasi bagi setiap siswa sehingga setiap siswa dapat bermain musik secara baik. Karena tujuan pendidikan seni musik ini yaitu agar setiap siswa bisa bermain musik dengan lancar.
b.
Melaksanakan analisis
secara kritis, yaitu menemukan dan menginterpretasikan
2.
Jelantik menggolongkan
keindahan menjadi dua kategori yakni keindahan alami dan keindahan hasil karya
cipta. Ditengah konteks seni musik bagaimanakah peran keindahan pertama dalam
penciptaan karya seni musik?
Jawab:
Peran keindahan alami dalam
penciptaan karya seni musik yaitu sebagai pendukung dari keindahan hasil karya
cipta, karena keindahan alami adalah keindahan yang tidak dibuat oleh manusia,
misalnya: keindahan yang ada di alam ini/fenomena alam serta keindahan bentuk
makhluk hidup. Sedangkan keindahan hasil karya cipta merupakan keindahan yang
dibuat oleh manusia yang berupa barang-barang kesenian, misal: barang kerajinan
tangan, dan alat-alat musik. Sehingga keasrian hasil karya seni musik masih
asri tanpa campur tangan manusia. Kita hanya bisa mendengarkan suara melalui
penemuan di luar yang masih bersifat asli, belum dimodifikasi oleh manusia.
Misal: suara deruan ombak, suara hembusan angin, dan masih banyak lagi yang
terdapat di alam yang merupakan keindahan alami.
3.
Bagaimana pendapat anda
tentang pernyataan kata “indah” bersifat relatif? Keindahan dimaksud dikaitkan dengan seni musik.
“Indah” bersifat relatif maksudnnya
yaitu indah itu tidak harus selalu tertuju pada seni, kata benar tidak selalu
indah. Kalau kita kembali pada persepsi seseorang terhadap keindahan, bahwa
keindahan meruoakan manifestasi dari ukuran tingkat apresiasi masing-masing
individu, dimana semua itu dipengaruhi dua hal, yaitu nilai-nilai formal dan
nilai psikologis, atau tergantung darimana individu memandang. Misal: memandang
dari iramanya, memandang dari melodinya, ataukah memandang dari sudut harmoni,
sehingga “indah” bersifat relatif.
4.
Cassirer
(Sastrapratedja) menjelaskan: “seni adalah satu dan sama, tetapi hasil kreasi
seni itu berlainan, ekspresi seni itu juga satu dan sama, namun bentuk ekspresi
itu berlainan.” Berikan penjelasan untuk maksud pernyataan ini berikut contoh
yang relevan!
Jawab:
Seni dikatakan satu dan sama, karena
seni merupakan suatu bahasa perasaan dan juga sebagai kegiatan-kegiatan
kejiwaan yang memiliki nilai estetika/keindahan. Missal seni musik, seni lukis,
dan seni tari.
Hasil kreasi seni itu berlainan
yaitu dimana penciptaan suatu karya seni itu tidak sama/berlaian sesuai dengan
bidang kreasinya. Misal: seni musik menghasilkan kreasi yang berupa lagu-lagu
yang diiringi oleh berbagai alat musik, seni lukis. hasil kreasinya berupa
gambar-gambar yang dibuat/dilukis oleh tangan manusia, seni tari memiliki hasil
kreasi berupa gerakan-gerakan tubuh yang didiringi oleh music, sehingga hasil
kreasi tersebut berlainan.
Ekspresi seni dikatakan satu dan
sama karena pengekspresian seni itu sama. Missal: ekspresi senang bias
dituangkan kedalam seni musik, seni tari, dan seni lukis, sehingga tercipta
suatu karya yang indah.
Bentuk ekspresi berlainan, maksudnya
kalau ekspresi yang dibawakan adalah senang, suatu karya seni misalnya itu seni
musik bentuk ekspresinya bisa kita tuangkan dalam bentuk nyanyian yang diiringi
alunan musik. Bentuk ekspresi seni lukis yaitu berupa gambar-gambar yang
dilukis. Bentuk ekspresi seni tari berupa gerakan-gerakan yang indah.
5.
Buktikan pernyataan Sukaharjana
(2003) “musik selalu akan berubah, berbeda, dan tidak selalu sama ” dalam
konteks musik untuk anak?
Jawab:
Musik tidak hanya berkaitan dengan
rasa keindahan dan bakat alam saja, tetapi bagaimanapun sebagai contoh soal di
dalam suatu masyarakat dimana orang masih akrab dan berhubungan langsung
lingkungan terdekatnya yaitu alam yang segala elemen dasar kompleks budayanya
rasa dan bakat alami, yang belum banyak terusik. Musik selalu akan berubah,
berbeda, dan tidak selalu sama karena semakin berkembangnya zaman semakin
canggih ilmu pengetahuan yang tersedia pada suatu pendidikan. Pada zaman dahulu
yaitu pada zaman reformasi pendidikan seni music belum diterapkan secara
maksimal di sekolah-sekolah, karena tenaga pengajar seni musik sangat kurang. Akibatnya,
musik yang dipelajari pada anak SD hanya sedikit dan bersifat sangat
tradisional. Beda dengan sekarang, semakin pesat perubahan semakin canggih
alat-alat elektronik, sehingga music selalu akan berubah sesuai dengan
perkembangan zaman, dan musik zaman reformasi beda dengan music sekarang.
Apalagi musik sekarang sudah memberikan ketertarikkan kepada audience.
6.
Jelaskan perbedaan
antara pendidikan seni musik dan pendidikan melalui seni musik!
Jawab:
Pendidikan
seni musik adalah sesuatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di
sekolah-sekolah dalam memberikan materi pelajaran yang bersifat alami.
Pendidikan seni musik ini, biasanya dilakukan hanya dengan belajar teori-teori
saja, sedangkan pendidikan melalui seni musik itu merupakan pembelajaran setelah
melakukan konsep dari pendidikan, misal: belajar not balok, itu didapatkan
belajar melalui seni musik. Artinya, dalam pemndidikan melalui seni music siswa
terfokus pada musik. Dengan kata lain, siswa diasah untuk bermain music dengan
baik dan lancar.
7.
Dieter Mack (1996)
berpendapat bahwa saat ini (a) manusia sudah terbiasa dengan musik sebagai
latar belakang, (b) manusia tidak biasa lagi dengan persepsi musik sebagai
kegiatan apresiatif, (c) manusia sangat terkondisi dengan gramatika musik yang
mengenakan secara terus menerus, (d) sikap manusia terhadap music semakin pasif
dari pada aktif. Jelaskan apa yang melatarbelakangi pendapat Mack dimaksud!
Jawab:
Yang melatar belakangi pendapat Mack
adalah masyarakat mengalami perubahan fundamental dalam perjalanan
sosiokulturnya yang disebabkan karena pengaruh industri musik yang berbau
bisnis. Sehingga muncul pendapat Diater Mack yang isinya terdiri atas:
(a) manusia sudah terbiasa dengan musik sebagai
latar belakang,
(b) manusia tidak biasa lagi dengan persepsi
musik sebagai kegiatan apresiatif,
(c)
manusia sangat terkondisi dengan gramatika musik yang mengenakan secara terus
menerus,
(d)
sikap manusia terhadap music semakin pasif dari pada aktif
8.
Jelaskan maksud Ki
Hajar Dewantara, bahwa pendidikan musik sebagai pendidikan rasa estatis akan
berimplikasi pada pendidikan etis!
Jawab:
Maksud dari perkataan Ki Hajar
Dewantara “pendidikan musik sebagai pendidikan rasa estatis akan berimplikasi
pada pendidikan etis” bahwa pendidikan etis memungkinkan seseorang mengembangkan
berbagai jenis perasaan yaitu rasa religius, rasa sosial individual. Dari
perasaan tersebut akan menjadi pendidikan estetis yang yang menghaluskan segala
perasaan terhadap benda-benda yang bersifat indah.
9.
Jelaskan maksud
pernyataan Abeles, Hoffer, dan Klotman (1994) bahwa (a) sekolah memiliki
tanggung jawab untuk membantu setiap siswa dalam merealisasikan potensi
bermusik mereka dan (b) melalui musik siswa yang mungkin menghadapi kesulitan
dalam bidang lain kurikiulum dapat menemukan kesuksesan!
Jawab:
a.
Sekolah adalah wadah
untuk menyalurkan kreativitas siswanya. Oleh karena itu siswa dapat menyalurkan
bakat seni musik ke sekolah karena sekolah harus bertanggung jawab atas potensi
bermusik siswanya.
b.
Dengan bermusik, siswa
dapat meningkatkan cara belajar untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam
bidang kurikulum ini karena musik dapat mencurahkan rasa kreatifitas dari
setiap siswa. Dengan kreatifitas yang diperhatikan, siswa akan bersemangat
dalam menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar