RSS

UAS Pendidikan Seni Musik

UJIAN AKHIR SEMESTER
RAHMITA SOLIHAT

Mata Kuliah    : Pendidikan Seni Musik

1.      Kontekskan empat pandangan Poedjiadi (2001) tentang filsafat pendidikan kedalam pendidikan seni musik?
·               Empat pandangan Poedjiadi (2001) tentang filsafat pendidikan kedalam pendidikan seni musik
a.   Memberikan inspirasi yaitu
menyatakan/mengemukakan tujuan pendidikan Negara bagi masyarakat. Apabila point pertama ini dikontekskan ke dalam pendidikan seni musik dapat memberikan inspirasi bagi setiap siswa sehingga setiap siswa dapat bermain musik secara baik. Karena tujuan pendidikan seni musik ini yaitu agar setiap siswa bisa bermain musik dengan lancar.
b.      Melaksanakan analisis secara kritis, yaitu menemukan dan menginterpretasikan

2.      Jelantik menggolongkan keindahan menjadi dua kategori yakni keindahan alami dan keindahan hasil karya cipta. Ditengah konteks seni musik bagaimanakah peran keindahan pertama dalam penciptaan karya seni musik?
Jawab:
            Peran keindahan alami dalam penciptaan karya seni musik yaitu sebagai pendukung dari keindahan hasil karya cipta, karena keindahan alami adalah keindahan yang tidak dibuat oleh manusia, misalnya: keindahan yang ada di alam ini/fenomena alam serta keindahan bentuk makhluk hidup. Sedangkan keindahan hasil karya cipta merupakan keindahan yang dibuat oleh manusia yang berupa barang-barang kesenian, misal: barang kerajinan tangan, dan alat-alat musik. Sehingga keasrian hasil karya seni musik masih asri tanpa campur tangan manusia. Kita hanya bisa mendengarkan suara melalui penemuan di luar yang masih bersifat asli, belum dimodifikasi oleh manusia. Misal: suara deruan ombak, suara hembusan angin, dan masih banyak lagi yang terdapat di alam yang merupakan keindahan alami.

3.      Bagaimana pendapat anda tentang pernyataan kata “indah” bersifat relatif?  Keindahan dimaksud dikaitkan dengan seni musik.

            “Indah” bersifat relatif maksudnnya yaitu indah itu tidak harus selalu tertuju pada seni, kata benar tidak selalu indah. Kalau kita kembali pada persepsi seseorang terhadap keindahan, bahwa keindahan meruoakan manifestasi dari ukuran tingkat apresiasi masing-masing individu, dimana semua itu dipengaruhi dua hal, yaitu nilai-nilai formal dan nilai psikologis, atau tergantung darimana individu memandang. Misal: memandang dari iramanya, memandang dari melodinya, ataukah memandang dari sudut harmoni, sehingga “indah” bersifat relatif.

4.      Cassirer (Sastrapratedja) menjelaskan: “seni adalah satu dan sama, tetapi hasil kreasi seni itu berlainan, ekspresi seni itu juga satu dan sama, namun bentuk ekspresi itu berlainan.” Berikan penjelasan untuk maksud pernyataan ini berikut contoh yang relevan!
Jawab:
            Seni dikatakan satu dan sama, karena seni merupakan suatu bahasa perasaan dan juga sebagai kegiatan-kegiatan kejiwaan yang memiliki nilai estetika/keindahan. Missal seni musik, seni lukis, dan seni tari.
            Hasil kreasi seni itu berlainan yaitu dimana penciptaan suatu karya seni itu tidak sama/berlaian sesuai dengan bidang kreasinya. Misal: seni musik menghasilkan kreasi yang berupa lagu-lagu yang diiringi oleh berbagai alat musik, seni lukis. hasil kreasinya berupa gambar-gambar yang dibuat/dilukis oleh tangan manusia, seni tari memiliki hasil kreasi berupa gerakan-gerakan tubuh yang didiringi oleh music, sehingga hasil kreasi tersebut berlainan.
            Ekspresi seni dikatakan satu dan sama karena pengekspresian seni itu sama. Missal: ekspresi senang bias dituangkan kedalam seni musik, seni tari, dan seni lukis, sehingga tercipta suatu karya yang indah.
            Bentuk ekspresi berlainan, maksudnya kalau ekspresi yang dibawakan adalah senang, suatu karya seni misalnya itu seni musik bentuk ekspresinya bisa kita tuangkan dalam bentuk nyanyian yang diiringi alunan musik. Bentuk ekspresi seni lukis yaitu berupa gambar-gambar yang dilukis. Bentuk ekspresi seni tari berupa gerakan-gerakan yang indah.

5.      Buktikan pernyataan Sukaharjana (2003) “musik selalu akan berubah, berbeda, dan tidak selalu sama ” dalam konteks musik untuk anak?
Jawab:
            Musik tidak hanya berkaitan dengan rasa keindahan dan bakat alam saja, tetapi bagaimanapun sebagai contoh soal di dalam suatu masyarakat dimana orang masih akrab dan berhubungan langsung lingkungan terdekatnya yaitu alam yang segala elemen dasar kompleks budayanya rasa dan bakat alami, yang belum banyak terusik. Musik selalu akan berubah, berbeda, dan tidak selalu sama karena semakin berkembangnya zaman semakin canggih ilmu pengetahuan yang tersedia pada suatu pendidikan. Pada zaman dahulu yaitu pada zaman reformasi pendidikan seni music belum diterapkan secara maksimal di sekolah-sekolah, karena tenaga pengajar seni musik sangat kurang. Akibatnya, musik yang dipelajari pada anak SD hanya sedikit dan bersifat sangat tradisional. Beda dengan sekarang, semakin pesat perubahan semakin canggih alat-alat elektronik, sehingga music selalu akan berubah sesuai dengan perkembangan zaman, dan musik zaman reformasi beda dengan music sekarang. Apalagi musik sekarang sudah memberikan ketertarikkan kepada audience.

6.      Jelaskan perbedaan antara pendidikan seni musik dan pendidikan melalui seni musik!
Jawab:
Pendidikan seni musik adalah sesuatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah dalam memberikan materi pelajaran yang bersifat alami. Pendidikan seni musik ini, biasanya dilakukan hanya dengan belajar teori-teori saja, sedangkan pendidikan melalui seni musik itu merupakan pembelajaran setelah melakukan konsep dari pendidikan, misal: belajar not balok, itu didapatkan belajar melalui seni musik. Artinya, dalam pemndidikan melalui seni music siswa terfokus pada musik. Dengan kata lain, siswa diasah untuk bermain music dengan baik dan lancar.

7.      Dieter Mack (1996) berpendapat bahwa saat ini (a) manusia sudah terbiasa dengan musik sebagai latar belakang, (b) manusia tidak biasa lagi dengan persepsi musik sebagai kegiatan apresiatif, (c) manusia sangat terkondisi dengan gramatika musik yang mengenakan secara terus menerus, (d) sikap manusia terhadap music semakin pasif dari pada aktif. Jelaskan apa yang melatarbelakangi pendapat Mack dimaksud!
Jawab:
            Yang melatar belakangi pendapat Mack adalah masyarakat mengalami perubahan fundamental dalam perjalanan sosiokulturnya yang disebabkan karena pengaruh industri musik yang berbau bisnis. Sehingga muncul pendapat Diater Mack yang isinya terdiri atas:
(a)   manusia sudah terbiasa dengan musik sebagai latar belakang,
(b)  manusia tidak biasa lagi dengan persepsi musik sebagai kegiatan apresiatif,
(c) manusia sangat terkondisi dengan gramatika musik yang mengenakan secara terus menerus,
(d) sikap manusia terhadap music semakin pasif dari pada aktif

8.      Jelaskan maksud Ki Hajar Dewantara, bahwa pendidikan musik sebagai pendidikan rasa estatis akan berimplikasi pada pendidikan etis!
Jawab:
            Maksud dari perkataan Ki Hajar Dewantara “pendidikan musik sebagai pendidikan rasa estatis akan berimplikasi pada pendidikan etis” bahwa pendidikan etis memungkinkan seseorang mengembangkan berbagai jenis perasaan yaitu rasa religius, rasa sosial individual. Dari perasaan tersebut akan menjadi pendidikan estetis yang yang menghaluskan segala perasaan terhadap benda-benda yang bersifat indah.

9.      Jelaskan maksud pernyataan Abeles, Hoffer, dan Klotman (1994) bahwa (a) sekolah memiliki tanggung jawab untuk membantu setiap siswa dalam merealisasikan potensi bermusik mereka dan (b) melalui musik siswa yang mungkin menghadapi kesulitan dalam bidang lain kurikiulum dapat menemukan kesuksesan!
Jawab:
a.       Sekolah adalah wadah untuk menyalurkan kreativitas siswanya. Oleh karena itu siswa dapat menyalurkan bakat seni musik ke sekolah karena sekolah harus bertanggung jawab atas potensi bermusik siswanya.

b.      Dengan bermusik, siswa dapat meningkatkan cara belajar untuk menghadapi kesulitan-kesulitan dalam bidang kurikulum ini karena musik dapat mencurahkan rasa kreatifitas dari setiap siswa. Dengan kreatifitas yang diperhatikan, siswa akan bersemangat dalam menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar